breadcrumbs {padding:5px 5px 5px 0px; margin: 0px 0px 15px 0px; font-size:85%; line-height: 1.4em; border-bottom:3px double #e6e4e3;}

Saturday, 17 October 2020

10 Kuliner Khas Solo Yang Wajib Dicoba Versi Perumahan Kota Solo

Perumahan Kota Solo. Suatu daerah atau kota di manapun biasanya memiliki Kuliner yang khas yang memberiksn ciri atau  kesan pada kota tersebut, begitu juga dengan Kota Surakarta atau Kota Solo. Selain terkenal karena ragam budaya Kraton Solo, Batik dan Kulinernya. Kuliner khas kota Solo adalah daya tarik utama ketika seseorang mengunjungi kota tersebut dan menjadi aktivitas yang 'wajib' dilakukan ketika mengunjungi kota solo.

Kota solo dengan slogan The Spirit Of Java sangat banyak menawarkan ragam kuliner khas yang bisa dinikmati saat traveling ataupun tinggal di Kota Solo ini, antara lain :

1. Nasi Liwet

Kuliner Khas Solo ini sangat banyak di jumpai di setiap sudut kota terutama pada malah hari, karena merupakan salah satu makanan pokok sehari-hari. Nasi yang di sajikan dalam pincuk daun pisang kemudian disiram dengan sayur santan labu siam, topping suwir ayam dan telur rebus di tambah semacah 'areh' khas santan kental gurih sudah pasti akan akan memanjakan lidah anda.

Perumahan Kota Solo

2. Serabi

Kuliner Khas Solo ini memang menjadi makanan primadona untuk oleh-oleh ketika berkunjung ke kota solo, bentuknya yang bulat pipih dan kecil, mudah untuk di bawa atau di konsumsi saat dalam berkendaraan maupun di rumah, rasa teksturnya lembut gurih tebal di tengah dan pinggirnya yang menipis terasa renyah. Terbuat dari campuran tepung beras dan santan, adonan srabi di masak dalam cetakan di atas tungku-tungku kecil dengan menggunakan bara api dari arang membuat semakin khas dan unik rasanya.

Perumahan Kota Solo

3. Es Dawet Telasih

Kuliner Khas Solo yang satu ini sangat mikmat dan menyegarkan banyak di jumpai di dalam pasar gedhe solo. semangkuk dawet telasih yang berisi bubur ketan hitam, bubur sumsum, tape ketan, cendol dan biji telasih di padukan dalam air santan, pemanis gula jawa dan es tesara sangat gurih dan menyegarkan, di jamin akan nambah lagi karena memang biasanya di sajikan dalam mangkuk dengan ukuran yang relatif kecil.

Perumahan Kota Solo

4. Tengkleng

Kuliner Khas Solo yang merupakan olahan balungan dan jeroan dari kambing yang di masak dalam kuah mirip seperti gulai tetapi tengkleng memiliki citarasa yang sangat khas gurih, segar dan pedas, kuahnya yang terasa lebih segar karena tidak menggunakan santan di bandingkan dengan gulai yang bersantan dan keunikan menikmati (ngrogoti) setiap daging yang menempel di tulang yang disajikan memberikan keunikan tersendiri dalam menikmatinya. kuliner tengkleng di sajikan dengan nasi putih yang hangat dan teh masih sangat cocok untuk menu makan siang setelah seharian keliling di kota solo.

Perumahan Kota Solo

5. Timlo

Kuliner Khas Solo Timlo merupakan kuliner jenis sup, yang membedakan dengan sup biasanya adalah isianya, isian timlo antara lain mie putih/soun, suwiran ayam, potongan sosis solo, wortel, irisan telur dan terkadang di tambah jeroan ayam dengan di guyur kuah kaldu bening tanpa santan dan toping brambang goreng. rasanya sudah tentu gurih, segar dan nikmat.

Perumahan Kota Solo

6. Tahu Kupat

Kuliner Khas Solo satu ini mirip sekali dengan tahu gimbal dari semarang, satu piring Tahu Kupat Solo terdiri dari potongan ketupat, potongan tahu goreng, mie kuning, kol, tauge, kacang goreng dan telor dadar di racik di atas bumbu olahan dari air asam kranji, kecap, lombok rawit dan bawang putih. Rasanya sangat nikmat dan terasa aroma bawang putihnya.

Perumahan Kota Solo

7. Cabuk Rambak

Kuliner Khas Solo cabuk rambah adalah kudapan khas kota solo yang sangat populer, selain enak rasanya juga sangat murah harganya, cabuk rambak sangat cocok untuk menu sarapan karena memang porsinya yang biasanya tidak terlalu banyak. Disajikan dengan pincuk daun pisang, cabuk rambak terdiri dari porongan ketupat yang diiris tipis-tipis, sambal wijen dan karak atau krupuk gendar, makanan sederhana yang sangat merakyat dan enak untuk dinikmati.

Perumahan Kota Solo

8. Selat Solo

Kuliner Khas Solo yang satu ini merupakan hidangan khas kota solo dengan pengaruh mkanan dari eropa. Satu porsi Selat Solo terdapat irisan wortel, tomat dan buncis, di tambah potongan kentang goreng, acar, irisan telur dan daging bistik, disiram dengan kuah bumbu kecap di tambah dengan mayones dan brambang goreng. Sup yang satu ini terasa nimat dan memiliki rasa yang sangat khas.

Perumahan Kota Solo

9. Brambang Asem

Kuliner Khas Solo tempo dulu, silahkan cicipi kudapan brambang asem. Seperti namanya merupakan makanan yang terbuat dari daun ubi jalar, touge dan kembang turi yang di rebus, disiram dengan sambal kecap cair, disajikan dengan tempe gembus yang sudah di bacam. Brambang Asem bukan merupakan menu utama untuk makan siang ataupun malam melaikan sejenis kudapan ringan yang sering dinikmati warga kota solo di sela-sela aktifitasnya.

Perumahan Kota Solo

10. Lenjongan

Kuliner Kas Solo satu lagi jenis kudapan yang sangat populer di kota solo adalah lenjongan yaitu jajanan tradisional gabungan dari sejumlah makanan manis khas kota solo seperti tiwul, ketan hitam,ketan putih, getuk, sawut, klepon dan cenil. Disajikan dalan pincuk daun pisang, sangat enak dinikmati di sela-sela aktifitas kita.

Perumahan Kota Solo


itulah 10 kuliner khas kota Solo versi Perumahan Kota Solo yang 'wajib' di coba ketika sedang berkunjung ke Kota Solo, masih banyak kuliner khas lainya yang belum di sebutkan di atas.


Perumahan Kota Solo, Perumahan Solo, Perumahan Solo Baru, Perumahan Sukoharjo, Perumahan Karanganyar, Taman Kuantan Singopuran, Puri Arsita Singopuran, Griya Kuantan Gonilan, Kuantan Regency Solo Baru, Perumahan Singopuran







No comments:

Post a comment